Mencuci-pakaian-bayi

Bayi pastinya memerlukan perawatan khusus, begitu juga berbagai keperluan yang menyangkut si bayi. Tempat tidur khusus, bantal khusus, perangkat minum khusus, mainan khusus, dan tentunya pakaian khusus. Kekhususan tadi tidak berhenti disini, pakaian-pakaian khusus bayi tadi juga memerlukan perawatan khusus. Bagaimana sih sebenarnya cara yang baik untuk mencuci pakaian bayi Ibu?

  • Hal yang sering luput dari perhatian Ibu adalah membaca petunjuk pencucian pada pakaian, termasuk pada pakaian bayi. Agar pakaian bayi Ibu tidak rusak atau menyusut, bacalah petunjuk cara pencucian yang tertera pada pakaian. Jangan hanya dibaca, pastikan juga ibu mencuci sesuai dengan petunjuk tadi.
  • Gunakan deterjen yang aman bagi bayi. Pastikan deterjen yang digunakan untuk mencuci pakaian bayi Ibu bebas pemutih, pewarna, pewangi, dan sabun yang dapat menimbulkan iritasi pada bayi.
  • Jangan menggunakan pelembuat pakaian ketika mencuci pakaian bayi. Pelembut menetap pada bahan pakaian meskipun cucian sudah dibilas.
  • Memilah pakaian bayi ketika hendak mencuci tidak hanya sebatas memisahkan antara cucian yang berwarna terang dengan yang gelap. Tetapi Ibu juga perlu memisahkan cucian yang terkena noda makanan bayi dan noda kotoran bayi. Cloth diaper juga harus dipisah ketika dicuci. Ini untuk menghindari bakteri menyebar ke cucian yang lainnya.
  • Suhu air dan proses pembilasan penting dalam mencuci pakaian bayi. Bakteri dan jamur dapat membahayakan bayi, dan air dingin mencegah munculnya kedua hal tadi. Gunakan pilihan pencucian dengan air dingin pada mesin cuci Ibu, dan pastikan deterjen sudah terbilas secara menyeluruh dari pakaian bayi. Lakukan proses bilas yang lebih banyak daripada saat Ibu mencuci pakaian biasa.
  • Pastinya pakaian yang terkena noda dan cloth diaper harus melalui proses pencucian ekstra. Bilas dengan menggunakan air dingin terlebih dahulu, kemudian cuci dengan menggunakan air panas, baru kemudian kembali dibilas dengan menggunakan air dingin.
  • Ancaman jamur pada pakaian tidak berhenti pada proses pencucian. Karena itu Ibu harus memastikan pakaian bayi sudah benar-benar kering sebelum kemudian dilipat dan disimpan di dalam lemari.
  • Satu hal yang juga penting adalah untuk selalu mencuci pakaian baru sebelum dipakai oleh si buah hati. Baju dari toko biasanya mengandung berbagai bahan kimia anti-jamur dan anti-bakteri.