Mesin cuci sudah dianggap sebagai barang yang penting untuk dimiliki di jaman sekarang terutama bagi orang tua yang sehari-harinya menghadapi cerobohnya balita. Bisa dibayangkan bagaimana setiap waktu makan, misalnya pisang akan menghasilkan noda buah-buahan yang melumuri seluruh pakaian mereka. Masalahnya pengoperasian beberapa mesin cuci memang memerlukan biaya yang cukup besar, dan jika Anda berusaha keras untuk menghidupi keluarga, ada baiknya biaya ini dikurangi sebisa mungkin. Beberapa mesin cuci juga kurang baik untuk lingkungan.

Jadi apakah solusinya? Bagaimana cara menemukan kompromi terbaik antara efisiensi pengeluaran rumah tangga dan juga kepedulian terhadap lingkungan? Solusinya sederhana saja: kenali dan pilihlah mesin cuci hemat listrik.

Mesin Cuci Hemat Energi Manakah yang Paling Baik?

Tidak masalah jika Anda lebih menyukai mesin cuci bukaan atas (top-loading) atau mesin cuci bukaan depan (front-loading), kedua jenis mesin cuci ini memiliki pengaturan untuk menghemat energi. Saat anda mencari mesin cuci hemat energi yang akan menghemat uang Anda dan juga mengurangi efek negatif terhadap lingkungan, berikut beberapa hal yang bisa diperhatikan:

Mesin Cuci yang Hanya Mengisi Sebagian

14

Mesin cuci bukaan atas seringkali dipenuhi dengan air, tapi ini hanyalah pemborosan semata. Mesin cuci yang mampu diisi sebagian akan sangat irit air, sambil tetap menjaga pakaian Anda tetap bersih. Ini dikarenakan mesin ini menggunakan alat pemutar yang memastikan semua pakaian akan tercuci, bahkan di bagian atas yang tidak sepenuhnya terendam dalam air.

Sensor Elektronik

Mesin cuci dengan sensor elektronik akan sangat meringankan kebingungan Anda karena dengan otomatis dapat menyesuaikan berat cucian dan penggunaan air sesuai kebutuhan.

Pengaturan Bilasan Cucian

Mesin cuci yang mempunyai fungsi bilasan biasanya punya suatu bagian berbentuk seperti sirip yang akan mengaduk pakaian di dalam mesin cuci sambil disemprotkan dengan air. Metode ini memastikan seluruh busa sabun akan terbilas dari pakaian Anda tanpa harus direndam di tabung yang penuh dengan air.

Pengaturan yang Fleksibel

Sebuah mesin cuci dengan putaran yang dapat Anda atur sendiri akan memungkinkan Anda mengontrol banyaknya air yang digunakan, suhu air, dan juga cepat-lambat putaran. Jika pakaian anda tidak sangat kotor, pilihlah opsi yang lebih cepat, putaran ekonomis dan temperatur air yang lebih rendah.

Tabung Besar

Jika Anda memutuskan untuk memilih mesin cuci dengan tabung yang besar, Anda dapat mencuci jumlah pakaian yang sama dengan beban yang lebih rendah. Dalam jangka waktu setahun, Anda akan merasakan penghematan energi yang telah Anda gunakan.

Jangan diurungkan oleh harga mesin cuci hemat listrik. Beberapa model yang lebih efisien biasanya memang lebih mahal dari model yang standar, namun biaya terbesar yang biasanya terkait dengan mesin cuci adalah dalam memanaskan air dan menjalankan mesin cuci. Dengan menghemat uang di kedua aspek tersebut, anda akan menyadari bahwa biaya yang anda keluarkan untuk mesin akan segera terbayar.

Bagaimana Cara Anda Dapat Membantu Menghemat Energi

Walaupun Anda tidak memiliki mesin cuci hemat energi, Anda masih dapat mengambil bagian untuk membantu menjaga lingkungan dan menghemat uang dengan mempersingkat lamanya putaran mesin cuci dan mencuci baju di temperatur yang lebih rendah. Banyak produsen pakaian yang mulai merekomendasikan untuk mencuci pakaian di suhu 30 derajat, bukan dengan temperatur standar 40 derajat karena hal ini lebih baik dan ramah lingkungan ini, kecuali jika pakaian Anda sangat kotor. Untuk menambah informasi mengenai cara memilih mesin cuci terbaik, baca artikel kami yang lain untuk mendapatkan saran yang berguna.

Jadi, jika pakaian anda masih cukup bersih, namun baunya seperti sudah dipakai beberapa kali, mengapa tidak coba mencuci dengan air dingin? Pilihlah deterjen yang baik seperti Rinso Matic dan pelembut pakaian yang wangi, anda akan tetap menikmati hasil seperti habis dicuci.