header

Bagaimana cara terbaik untuk memutihkan pakaian? Produk pemutih pakaian mana saja yang baik digunakan? Apakah pemutih pakaian aman digunakan untuk cucian? Untuk membantu Ibu menjawab pertanyaan ini, Rinso Matic telah menyiapkan panduan praktis dalam menggunakan pemutih untuk mesin cuci.

Berikut ini panduan singkat dua jenis utama pemutih pakaian, cara menggunakannya pada saat mencuci, dan juga informasi efek samping pemutih pakaian.

Produk Pemutih Pakaian

Beberapa produk pemutih pakaian lebih cocok digunakan pada kain dan warna tertentu, jadi penting untuk mengetahui produk mana yang sesuai dengan jenis bahan pakaian.

112-313x313

Pemutih Oksigen

Disebut juga sebagai sodium perkarbonat, pemutih oksigen merupakan campuran dari baking powder dan hidrogen peroksida yang merupakan produk pemutih yang aman bagi warna. Pemutih oksigen bereaksi dengan air, menghasilkan gelembung untuk mengeluarkan kotoran dan noda.

210-313x313

Pemutih Klorin

Pemutih klorin merupakan cairan pemutih pada umumnya yang dapat Anda temui. Dibuat dari sodium hipoklorit dan air, pemutih klorin efektif untuk menghilangkan noda dari bahan putih karena dapat menghasilkan oksigen saat kontak dengan air, yang nantinya dapat menghasilkan perubahan warna pada bahan.

Tahap Menggunakan Pemutih Pakaian

  • Sebelum menggunakan pemutih pakaian, selalu perhatikan label perawatan pakaian. Pakaian yang dapat dicuci menggunakan pemutih akan terdapat simbol pemutih atau bleach. Jika terdapat informasi ‘Jangan menggunakan pemutih’ atau ‘Do not bleach/No Chlorine bleach’, jangan sekali-kali menggunakan pemutih saat mencuci.
  • Pemutih oksigen tidak akan melunturkan pakaian sehingga dapat digunakan untuk mencuci berbagai macam bahan berwarna atau bahkan bahan bercorak termasuk dari katun, linen dan sintetik. Namun, bahan seperti sutra dan wol tidak seharusnya diberi pemutih; gunakanlah penghilang noda pakaian yang dikhususkan untuk bahan lembut atau sensitif.
  • Pemutih klorin dapat digunakan untuk bahan katun, polyester, rayon dan bahan jenis lainnya. Hindari penggunaan pada pakaian berwarna, bercorak, bahan wol dan sutra. Pemutih jenis ini efektif untuk membuat pakaian menjadi putih cemerlang dan juga membunuh kuman.
  • Jangan pernah menuangkan langsung pemutih pakaian ke bahan. Campurlah satu tutup botol pemutih klorin dalam satu liter air dan masukkan ke dalam mesin cuci Anda sesuai petunjuk. Pada mesin cuci semi otomatis, tambahkan pemutih 5 menit setelah siklus cucian dimulai untuk memastikan enzim di deterjen Rinso Matic Anda mulai bekerja.
  • Pemutih oksigen dalam bentuk bubuk dapat ditambahkan ke mesin cuci untuk pakaian putih atau berwarna dengan beban normal, untuk menjaganya tetap putih cemerlang dan bebas noda. Anda dapat menambahkan takarannya untuk noda yang lebih berat.
  • Jika terdapat noda yang susah dibersihkan, pemutih oksigen juga dapat digunakan untuk merendam pakaian sebelum dimasukkan ke mesin cuci. Sekali lagi, selalu ikuti petunjuk yang tersedia di label perawatan pakaian. Tambahkan setengah cangkir / takaran pemutih oksigen atau 1 sendok teh pemutih klorin ke dalam 4 liter air hangat dan rendam selama kurang lebih 15 menit. Pemutih oksigen juga dapat digunakan untuk merendam pakaian semalaman jika noda sangat susah hilang. Kemudian bilas dan cuci dengan Rinso Matic seperti biasa.

Efek Samping Pemutih Pakaian

37

  • Pemutih klorin banyak digunakan di rumah tangga karena produk ini merupakan disinfektan yang sangat efektif untuk membunuh bakteri dan juga membersihkan jamur pada pakaian. Namun karena kandungan bahan kimianya yang cukup kuat, Anda harus memperhatikan segi keamananan dan kesehatan, terutama di sekitar anak kecil dan mereka yang mempunyai kulit sensitif. Selalu pakai sarung tangan saat menggunakan pemutih klorin dan pastikan terdapat sirkulasi udara yang baik.
  • Ingat  bahwa pemutih klorin sangat membantu memutihkan pakaian, namun jika digunakan berlebihan bisa membuat pakaian luntur.
  • Karena pemutih oksigen larut dalam air tanpa meninggalkan bau dan bekas, jenis ini ramah lingkungan. Produk ini cukup menarik untuk digunakan oleh keluarga dengan anak kecil.
  • Apapun tipe pemutih yang Anda gunakan, jangan mencampur kedua jenis pemutih ini  dan selalu coba di bagian tersembunyi terlebih dahulu untuk memastikan keberhasilannya.
  • Jika Anda menggunakannya dengan cara yang benar, kedua jenis pemutih ini sangat berguna untuk memutihkan pakaian, terlebih jika si kecil yang aktif akan membuat cucian Anda terus menumpuk!

Topik: mencuci, noda, pemutih