header8-e1385469113796

Memiliki air sadah atau air keras di rumah Anda bukanlah akhir dari segalanya, ini berarti bahwa kita harus berusaha lebih keras untuk menjaga rumah, pakaian dan diri kita lebih bersih.

Air sadah cukup mengganggu, tapi Anda tidak perlu menderita karenanya. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melawan efek dari air sadah, bahkan sudah ada perawatan untuk melembutkan air sadah. Berikut panduan bagi para Ibu Matic mengenai kesadahan air dan cara mengatasinya.

Apa itu Kesadahan Air?

115

Saat air mengalir dari pegunungan, melalui bebatuan dan menuju dapur kita mereka membawa mineral-mineral dari tanah, terutama magnesium dan kalsium. Mineral ini larut dalam air dan terbawa dalam aliran. Sayangnya, air sadah akan lebih umum didapati di sebagian besar daerah di Indonesia dibandingkan dengan air lunak. Walaupun sebenarnya air sadah tidak berbahaya, namun dapat membuat kegiatan sehari-hari menjadi lebih sulit.

Sabun cuci piring dan sampo tidak menghasilkan terlalu banyak busa dalam air sadah, dan Anda akan mendapatkan sisa atau residu berwarna putih di permukaan yang terus menerus dalam keadaan basah. Anda tidak perlu khawatir karena banyak orang yang mengalami hal yang sama, walaupun terkadang merepotkan jika Anda memiliki keluarga yang besar dan tidak punya banyak waktu untuk membersihkan noda yang ditinggalkan oleh air sadah.

Apakah Saya Memiliki Air Sadah atau Air Lunak?

Uji kesadahan air yang paling mudah adalah dengan melihat ke dalam ceret. Anda dapat mengetahui dengan cukup jelas apakah air di rumah Anda air sadah atau air lunak. Mineral dari air akan berkumpul di di dasar ceret, meninggalkan pemandangan yang tidak sedap untuk dilihat berupa kerak kapur, namun sama sekali tidak berbahaya. Jika Anda masih tidak yakin apakah Anda memiliki air sadah atau bukan, periksa ke air minum Anda. Beberapa perusahaan air minum menyediakan alat uji kesadahan airyang bisa Anda lakukan sendiri.

Uji kesadahan air memeriksa butiran-butiran mineral dan kepadatannya dalam air. Jika terdapat kurang dari 1 butir (sekitar 65 gram) dalam segalon air, maka Anda memiliki air lunak. Jika ada lebih dari 10 butir per galon, maka dapat disebut sebagai air dengan tingkat kesadahan tinggi. Menggunakan air dengan kepadatan lebih dari 7 butir mineral per galon akan membuat tugas sehari-hari lebih sulit dan mungkin sumber masalahnya harus diatasi.

Bagaimana Cara Mengatasi Kesadahan Air Saat Mencuci?

24-312x313

Jika Anda memiliki air sadah di rumah, Anda mungkin mendapati masalah seperti noda pada pakaian. Selain itu, pakaian Anda bisa menjadi sedikit kaku atau bahkan rusak setelah mencuci. Beberapa deterjen tidak bekerja dengan baik dalam air sadah, jadi mungkin saja pakaian Anda tidak dibersihkan secara maksimal. Hal terbaik yang Anda dapat lakukan adalah dengan menggunakan deterjen berkualitas baik seperti Rinso Matic, yang bekerja bahkan di kondisi kesadahan air yang buruk*.

* Air dengan tingkat kesadahan tinggi (24FH).