Cara menyalakan mesin cuci

Ibu mungkin sering melihat berbagai simbol dan petunjuk pada mesin cuci berbahasa Inggris. Sebagian mesin cuci yang beredar di Indonesia menggunakan instruksi dalam Bahasa Inggris karena cuci diproduksi di luar Indonesia. Meski sudah terbiasa menggunakannya, tak ada salahnya Ibu memastikan cara menggunakan mesin cuci dalam Bahasa Inggris mulai dari cara menghidupkan mesin cuci hingga memilih siklus cuci yang benar. Dengan demikian, mesin cuci Ibu bisa bekerja maksimal, awet, dan menghasilkan cucian bersih sempurna.

Cara Mengoperasikan Mesin Cuci dalam Bahasa Inggris

  1. Baca buku manual. Setiap merek memiliki instruksi dan cara pengoperasian masing-masing. Bisa jadi cara menyalakan mesin cuci baru berbeda dari mesin cuci lama karena berbeda merek. Umumnya, buku petunjuk cara menggunakan mesin cuci tersedia dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia.
  2. Pahami fungsi tombol pada mesin cuci. Sebagian tombol memiliki gambar ikon dan sebagian memiliki teks atau angka yang menunjukkan waktu siklus cuci dan temperatur air. Jika tidak yakin dengan arti teks, silakan temukan di kamus, misalnya arti soak pada mesin cuci yang berarti rendam dan spin yang berfungsi memeras air dari cucian. Sesuaikan fungsi tombol dengan label perawatan pada pakaian untuk mendapatkan hasil terbaik.

Beberapa teks yang biasanya tertulis pada tombol mesin cuci adalah:

  • Cotton, wool, synthetic, dan delicates (katun, wol, sintetis, dan bahan lembut). Semua pilihan ini merupakan pilihan untuk disesuaikan dengan bahan pakaian yang akan dicuci. Bahan lembut mencakup pakaian berpayet, berbordir, berenda, atau bahan kain tipis. Oleh karenanya, Ibu sebaiknya memilah cucian menurut bahannya. Mesin cuci yang memiliki pilihan tombol berdasar bahan pakaian yang akan dicuci akan secara otomatis memilih suhu air yang sesuai.
  • Soak, rinse, spin, dan dry (rendam, bilas, peras, dan keringkan). Pilihan di atas biasanya tersedia terpisah tapi terkadang bisa juga digabung, seperti spin-dry. Tombol soak berguna untuk mengangkat kotoran membandel di cucian dan proses ini biasanya terjadi di awal siklus cuci. Tombol rinse bisa dipilih jika di akhir siklus cuci Ibu masih menemukan sisa buih deterjen atau cucian masih berbau kurang sedap. Tombol spin berguna untuk memeras air keluar dari cucian sehingga Ibu bisa langsung menjemur cucian.
  • Handwash (cuci tangan). Pilihan ini cocok untuk pakaian berbahan lembut. Biasanya mesin cuci akan memilih suhu air secara otomatis.
  • Economy. Pilihan ini adalah siklus cuci yang menggunakan suhu air rendah atau siklus cuci singkat atau kombinasi keduanya untuk menghemat listrik. Siklus ini sesuai untuk cucian yang tidak terlalu kotor.
  • Prewash. Pilihan ini sesuai untuk cucian yang sangat kotor dan memerlukan proses perendaman dan pencucian dua kali. Biasanya Ibu perlu memasukkan deterjen di dua kotak laci deterjen yang berbeda, satu untuk prewash dan satu lagi untuk siklus cuci utama.

Ada banyak gambar ikon pada mesin cuci dan mungkin bisa berbeda antara merek A dan merek B, berikut ini beberapa gambar ikon yang sering dijumpai:

  • Bunga atau bulu: untuk pakaian berbahan lembut.
  • Kupu-kupu: untuk pakaian berbahan sutra.
  • Lingkaran spiral menyerupai obat nyamuk bakar: untuk memeras air keluar dari pakaian.
  • Tangan mencelup air: untuk siklus cuci yang menyerupai mencuci dengan tangan.
  • Bola benang: untuk cucian berbahan wol.
  • Bunga kapuk atau kaus oblong: untuk cucian berbahan katun.
  • Pakaian bayi: untuk pakaian berbahan sensitif.

Semoga langkah-langkah menggunakan mesin cuci dalam Bahasa Inggris di atas berguna dan Ibu bisa menikmati hasil cucian bersih sempurna. Jika Ibu memiliki pertanyaan seputar istilah atau gambar lain pada panel mesin cuci, silakan tanya di sini.