Apakah Ibu pernah terganggu dengan bau mesin cuci yang tidak sedap atau selang pembuangan air yang tersumbat? Masalah seperti itu sering kali dialami jika mesin cuci tidak rutin dibersihkan. Membersihkan mesin cuci secara rutin adalah salah satu bentuk pemeliharaan untuk menghindari kerusakan mesin cuci, Bu.

Cara penggunaan mesin cuci  yang benar harus diimbangi dengan pembersihan rutin. Lantas, bagaimana cara membersihkan mesin cuci berdasarkan jenisnya? Apakah mesin cuci hanya perlu dilap bagian luarnya saja? Yuk, simak tips yang tepat untuk membersihkan mesin cuci berikut ini, Bu.

Mesin Cuci Front Load (Bukaan Depan)

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membersihkan mesin cuci front load. Langkah-langkah tersebut adalah:

  1. Kosongkan mesin cuci dan isi dengan air panas, lalu jalankan siklus pencucian seperti biasa, Bu. Ini dilakukan untuk membersihkan residu deterjen yang melekat di bagian dalam tabung mesin cuci
  2. Buang air di dalam mesin cuci, kemudian isi kembali mesin cuci dengan air panas. Tambahkan dua cangkir cuka putih untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada mesin cuci dan jalankan siklus pencucian
  3. Setelah siklus pencucian selesai, buang air di dalam mesin cuci. Ambil laci untuk menuang deterjen, lalu rendam di dalam wastafel dan gosok dengan sikat gigi bekas hingga bersih
  4. Kemudian, basahi kain lap dengan air hangat, lalu gunakan lap tersebut untuk membersihkan pintu mesin cuci dari luar dan dalam. Pastikan untuk membersihkan karet seal yang ada di bagian dalam pintu mesin cuci front load.
  5. Isi kembali mesin cuci dengan air dingin untuk membilas bagian tabung dan selang, lalu keringkan tabung mesin cuci dengan handuk sebelum disimpan kembali

Mesin Cuci Top Load (Bukaan Atas)

Nah, cara membersihkan mesin cuci top load sedikit berbeda dengan front load, Bu. Lakukan langkah-langkah ini untuk membuat mesin cuci bukaan atas jadi lebih bersih:

  1. Pastikan mesin cuci dalam keadaan kosong, lalu isi dengan air panas dan jalankan siklus pencucian normal.
  2. Setelah membuang air dari dalam mesin cuci, isi kembali dengan air panas. Kemudian, tambahkan 3,5 cangkir cuka putih dan ½ cangkir baking soda.
  3. Jalankan siklus pencucian selama 30 detik dan biarkan airnya tetap berada di dalam mesin cuci selama 30 menit sampai 1 jam.
  4. Selanjutnya, jalankan kembali siklus pencucian untuk menghapus residu deterjen atau kotoran yang masih melekat di tabung mesin cuci.
  5. Matikan mesin cuci dan buang airnya. Siapkan sebuah lap yang sudah dicelupkan ke dalam larutan air panas dan cuka, lalu usapkan lap tersebut ke seluruh bagian dalam mesin cuci.

Untuk menghindari kerusakan mesin cuci , lakukan pembersihan selama 1-2 bulan sekali, Bu. Pastikan Ibu juga sudah menggunakan cara yang sesuai dengan jenis mesin cuci ya, Bu.

Sources:
cleanipedia.com/in/laundry-washing/how-to-clean-a-washing-machine
persil.co.uk/laundry-tips/clean-smelly-washing-machine/
diynatural.com/how-to-clean-a-washing-machine/