Pernahkah Ibu membaca tulisan ‘Tumble Dry’ pada mesin cuci atau label pencucian yang tertera pada pakaian? Lantas, apa yang dimaksud dengan Tumble Dry? Nah, Tumble Dry memiliki hubungan dengan cara mencuci baju dengan mesin cuci, Bu. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Tumble Dry adalah simbol dari mesin pengering (dryer) pada mesin cuci. Di label pencucian pakaian, simbol ini digunakan untuk memberikan panduan apakah pakaian tersebut bisa dikeringkan atau tidak di dalam mesin pengering. Berikut ini adalah arti dari simbol pengeringan yang terdapat di label pencucian pakaian:

  • Sebuah persegi dengan lingkaran di dalamnya berarti pakaian bisa dikeringkan di dalam mesin pengering (Tumble Dryer).
  • Tanda ‘X’ di depan simbol persegi dengan lingkaran di dalamnya berarti pakaian tidak bisa dikeringkan di dalam mesin pengering.
  • Dua titik di dalam lingkaran berarti pakaian dapat dikeringkan dalam mesin pengering menggunakan suhu panas yang tinggi.
  • Satu titik di dalam lingkaran berarti pakaian dapat dikeringkan dalam mesin pengering, tetapi menggunakan suhu yang rendah.

Semua pakaian yang di label petunjuk pencuciannya terdapat “simbol persegi dengan lingkaran di dalamnya” tentu dapat dikeringkan dalam Tumble Dry. Pada umumnya, pakaian yang bisa dikeringkan dalam mesin pengering adalah pakaian sehari-hari dan berbahan tebal, seperti handuk.

Namun, ada beberapa pakaian yang tidak bisa dikeringkan dalam Tumble Dry, seperti pakaian wol, sutra, dan bra. Kain sutra yang dikeringkan dalam pengering akan mengalami penyusutan. Sementara itu, kain wol seratnya akan menumpuk dan membuat tampilannya menjadi buruk. Bra yang dikeringkan dalam pengering juga akan terasa tidak nyaman saat dikenakan.

Nah, setelah Ibu menggunakan cara mencuci baju dengan mesin cuci  yang tepat, Ibu dapat langsung melakukan langkah-langkah berikut untuk menggunakan mesin pengering (Tumble Dryer) dengan benar:

  1. Pastikan pakaian yang akan dikeringkan dengan pengering tidak terlalu basah. Karena semakin basah pakaian, maka butuh waktu lama bagi mesin pengering untuk menyelesaikan tugasnya.
  2. Sesuaikan kapasitas pengering dengan pakaian Anda. Hindari memasukkan pakaian melebihi dari kapasitas agar tidak merusak mesin pengering.
  3. Atur timer sesuai dengan keinginan. Sebab, ada beberapa jenis pakaian yang tidak bisa terlalu lama dikeringkan di dalam pengering.
  4. Bersihkan filter serat pada pengering untuk mengambil tumpukan benang atau serat kain untuk menghindari masalah overheating yang menyebabkan mesin cuci mudah rusak.

Panduan seputar Tumble Dry ini sangat bermanfaat bagi Ibu yang ingin mengetahui cara mengeringkan pakaian secara tepat. Cara mencuci baju yang benar  memang sangat diperlukan, tetapi cara mengeringkan pakaian dengan benar juga bantu memelihara pakaian agar tetap awet dan tahan lama.

Sources:
persil.co.uk/laundry-tips/how-to-use-a-tumble-dryer-to-dry-clothes/
cleanipedia.com/gb/laundry-washing/how-to-use-a-tumble-dryer