Para ibu tentunya ingin hasil cucian tidak hanya bersih, tetapi juga wangi dan lembut di kulit . Tterkadang untuk menghasilkan cucian yang wangi, deterjen saja tidak cukup. Pewangi pakaian seringkali digunakan untuk menambah wangi pakaian agar tetap tahan lama dan tidak bau apek apabila disimpan di dalam lemari dan tidak digunakan untuk waktu yang lama. Akan tetapi, beberapa dari Anda mungkin masih ada yang bingung dengan cara menggunakan pengawi ketika mencuci baju. Berikut ini tahapan-tahapan mencuci dengan menggunakan pewangi cucian ekstra.

  1. PeriksaCek terlebih dahulu setiap pakaian yang akan Anda cuci. Beberapa pakaian ada yang harus menggunakan proses pencucian khusus tanpa air. Cara pencucian biasanya tercantum pada label pakaian.
  2. Cuci pakaian seperti biasa dengan menggunakan deterjen kesayangan Anda seperti Rinso Cair yang ampuh menghilangkan noda.
  3. Bilas cucian dari deterjen menggunakan air bersih hingga cucian sudah tidak licin lagi.
  4. Setelah cucian bersih dari deterjen, tuangkan pewangi pakaian sesuai takaran pada sejumlah air. Pastikan pewangi sudah benar-benar larut dan tercampur dalam air secara merata.
  5. Rendam cucian yang telah bersih pada campuran air pewangi ini selama beberapa menit.
  6. Peras cucian dalam rendaman, lalu jemur hingga kering.

Untuk Anda yang mencuci baju menggunakan mesin cuci, penggunaan pewangi pakaian yang benar adalah sebagai berikut.

  1. Jalankan mesin cuci seperti biasa tanpa menggunakan pewangi.
  2. Tunggu hingga siklus mencuci pada mesin cuci selesaiberes, tetapi tidak sampai pada proses mengeringkan.
  3. Pada saat proses membilas dimulai, tuangkan pewangi pakaian ke dalam mesin cuci.
  4. Apabila mesin cuci yang Anda gunakan adalah jenis satu tabung bukaandi depan, Anda dapat menaruh pewangi pada saluran air untuk membilas, sehingga pewangi pakaian akan bercampur rata dengan air bilasan.
  5. Keringkan cucian seperti biasa.

Sedikit tips untuk menghindari kesalahan dalam mencuci baju , sebaiknya Anda taruh deterjen, pewangi, dan pelembut pakaian pada masing-masing wadah dengan perbedaan warna yang mencolok. Jangan lupa juga untuk menaruh label pada tiap wadah dengan jelas. Hal ini untuk menghindari kesalahan pengambilan saat sedang mencuci.

Source:
http://www.doityourself.com/stry/how-to-use-fabric-softener-in-the-wash#.UwZE8c5jlQs
http://www.downy.com/en-US/expert/how-to-use-downy.jspx
http://www.stain-removal-101.com/fabric-softener.html

Topik: mencuci baju