Pernahkah Ibu menemukan noda bintik hitam di pakaian yang sudah lama disimpan di dalam lemari? Noda bintik hitam itu adalah jamur, Bu. Mengapa jamur bisa menodai pakaian yang disimpan dalam lemari? Padahal, mungkin pakaian tersebut disimpan dalam keadaan bersih. Jamur dapat menodai di pakaian karena kondisi di dalam lemari yang lembap. Selain itu, jamur juga dapat tumbuh dalam lemari apabila kita jarang membersihkan bagian dalam lemari tersebut.

Noda jamur tersebut sangat mengganggu, terutama jika pakaian yang ternoda berwarna putih. Lalu, bisakah cara menghilangkan noda di baju  digunakan untuk mengatasi noda jamur pada kain? Yuk, simak tips berikut ini, Bu!

Tak perlu khawatir, Bu. Noda jamur di kain bisa dihilangkan dengan beberapa bahan aktif. Namun, sebelumnya periksa dahulu label petunjuk perawatan pakaian untuk memastikan bahwa pakaian tidak akan rusak ketika terkena bahan-bahan untuk membersihkan noda jamur berikut:

Pemutih

Bahan kimia yang kuat ini sangat efektif untuk membasmi dan menghilangkan noda jamur. Namun, pemutih tidak dapat digunakan pada kain yang berwarna, karena itu bisa menyebabkan warna kain memudar. Gunakan pemutih hanya pada kain putih Bu, lalu rendam pakaian dalam air yang sudah dicampur dengan pemutih. Ibu juga bisa menggunakan cara lain untuk mengaplikasikan pemutih sesuai dengan label petunjuk perawatan pakaian.

Cuka Putih

Cuka putih adalah bahan yang dapat membersihkan noda sekaligus menghilangkan bau, Bu. Pada umumnya, cuka putih aman diaplikasikan pada pakaian yang berwarna. Tapi, untuk memastikan hal ini Ibu perlu mencermati label petunjuk perawatan pakaian terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan cuka putih. Gunakan cuka putih bersama dengan deterjen. Cuka putih ini akan menghilangkan noda jamur di pakaian saat Ibu mengucek atau pada saat siklus pencucian di mesin cuci sedang berjalan. Namun, pastikan bahwa deterjen yang Ibu gunakan tidak mengandung pemutih, karena kombinasi dari cuka putih dan pemutih dapat menghasilkan gas beracun.

Lemon

Air perasan lemon mengandung asam alami yang dapat memecah noda. Oleh karena itu, air perasan lemon juga efektif untuk menghilangkan noda jamur di kain. Lakukan uji coba terlebih dahulu dengan meneteskan air perasan lemon di bagian kecil pakaian. Pastikan warna pakaian tersebut tidak luntur saat ditetesi air lemon, Bu. Selanjutnya, teteskan air lemon di bagian pakaian yang terdapat noda jamur tersebut. Setelah didiamkan beberapa saat, bilas dengan air dan cuci pakaian seperti biasa.

Setelah noda jamur berhasil dihilangkan, segera lakukan cara mencuci baju yang benar  untuk membersihkan sisa bahan aktif yang digunakan untuk membersihkan noda jamur. Cuci pakaian dengan Rinso Anti Noda  bila Ibu mencuci secara manual atau Rinso Matic  jika Ibu menggunakan mesin cuci.

Sources:
howtocleanstuff.net/how-to-remove-black-moldmildew-from-washable-fabrics/
cleanipedia.com/gb/laundry-washing/how-to-remove-mould-and-mildew-from-clothes