Kolom Bermain

Banyak hal baru yang dipelajari di setiap fase tumbuh kembang anak balita . Biasanya si Kecil yang sedang gemar meneliti hal-hal baru selalu senang bermain di luar rumah. Mungkin bagi Anda melakukan kegiatan di luar rumah bersama anak balita Anda merupakan hal yang biasa saja. Namun bagi mereka tentunya hal tersebut merupakan pengalaman baru yang menarik.

Tempat bermain anak-anak di taman, atau kini lebih dikenal dengan sebutan playground, merupakan tempat favorit anak-anak, terutama balita. Bagi Anda mungkin tempat ini hanyalah tempat bermain biasa, padahal banyak aspek dalam tumbuh kembang anak balita yang bisa dikembangkan saat mereka bermain disana. Buah hati Anda dapat bermain ayunan, jungkat-jungkit, komidi putar, dan berbagai permainan lainnya. Bebagai gerakan saat mereka bermain akan membantu proses perkembangan motorik mereka. Mereka juga akan senantiasa mengasah otak kiri dan kanan mereka secara tidak langsung di tempat ini. Perlengkapan bermain dibuat berwarna-warni sehingga buah hati Anda akan terlatih dalam menghapal warna-warna. Selain itu, rasa ingin tahu mereka juga akan meningkat ketika mereka bertanya pada Anda sebagai orangtua, seperti bagaimana ayunan tersebut dapat terayun atau mengapa gerakan permainan jungkat-jungkit bergerak ke atas dan ke bawah. Jelaskan hal tersebut dengan bahasa yang ringan agar mudah dimengerti. Di samping itu, taman bermain juga dapat melatih kemampuan verbal si Kecil. Dengan bertemu anak-anak seusianya, buah hati Anda akan belajar berkomunikasi meskipun bahasa yang digunakan merupakan bahasa komunikasi yang hanya dimengerti oleh anak kecil. Hal tersebut juga akan mengembangkan kemampuan sosialisasi anak Anda.

Selain tempat bermain, tempat yang baik bagi tumbuh kembah anak balita Anda yaitu tempat wisata alam. Tak perlu ke tempat yang jauh atau mewah, cukup ke kebun binatang , taman bunga atau kebun buah yang dekat dengan rumah. Di tempat tersebut si Kecil akan mengenal nama-nama hewan, buah serta bunga yang belum mereka lihat sebelumnya. Selain itu, mereka juga akan mengetahui cara makhluk tumbuh tersebut tumbuh dan berkembang biak.

Jadi, menstimulasi tumbuh kembang anak balita agar optimal bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, termasuk di luar rumah. Yuk, perkaya pengalaman belajar mereka di luar rumah.
Source:
http://kidshealth.org/parent/pregnancy_newborn/communicating/bonding.html
http://www.componentplaygrounds.com/blog/how-a-component-playground-can-improve-parent-child-bonding.html
http://www.scholastic.com/parents/resources/article/reading-together/make-connection