Memasuki usia 2 tahun, Ibu harus memperkenalkan si Kecil kepada semua jenis warna. Pengenalan terhadap warna ini sangat penting untuk bekal belajarnya ketika ia masuk sekolah nanti. Nah, ternyata bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita dapat digunakan sebagai sarana untuk mengenalkan si Kecil terhadap warna, lho. Cara ini mungkin akan membuat baju si Kecil jadi ternoda, tapi Ibu tak perlu khawatir karena ada Rinso yang dapat menjadi cara menghilangkan noda di baju  secara tepat.

Hanya dengan bermodalkan kertas gambar dan pensil warna, Ibu dapat membantu si Kecil mengenal warna dengan cara yang menyenangkan. Yuk, ajak si Kecil untuk keluar rumah dan mintalah ia untuk melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Si Kecil harus mengumpulkan segala macam tumbuhan atau benda yang ada di sekitar rumah. Misalnya bunga mawar, bunga melati, batu, daun hijau yang masih segar, daun yang sudah tua, dan bunga anggrek kuning.
  2. Selanjutnya, ambil kertas gambar dan minta si Kecil untuk menggambar beberapa kotak yang berjajar di atasnya.
  3. Setelah ia berhasil menggambar beberapa kotak di kertas gambarnya, letakkan benda-benda yang tadi berhasil dikumpulkan oleh si Kecil di depannya. Jangan lupa untuk meletakkan pensil warnanya juga.
  4. Si Kecil akan meletakkan benda pertama di atas sebuah kotak yang digambarnya. Kemudian, ia harus mencari pensil warna yang sesuai dengan warna benda yang ada di atas kotak pertama.
  5. Kemudian, si Kecil harus mewarnai kotak tersebut dengan pensil warna yang sesuai dengan warna benda. Contohnya, warnai kotak bunga mawar merah dengan pensil warna merah, melati dengan pensil warna putih, dan daun tua dengan warna cokelat. Untuk bagian ini, Ibu hanya perlu mengawasinya, karena si Kecil harus menyesuaikan warna benda dengan pensil warnanya sendiri.
  6. Ketika si Kecil mewarnai sebuah kotak, ajak ia untuk menghafal nama warna tersebut.
  7. Biarkan ia mewarnai semua kotak hingga selesai. Jika kurang, mintalah si Kecil untuk mengumpulkan benda-benda lain dengan warna yang berbeda.

Selain cara di atas ini, Ibu bisa mengajak si Kecil belajar mengenal warna dengan kegiatan ‘Color Week’ atau Minggu Warna. Dalam satu minggu, ajak si Kecil untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan satu warna tertentu. Misalnya, dalam Orange Week ajarkan ia untuk makan jeruk dan wortel. Selanjutnya untuk Blue Week Ibu bisa membahas tentang laut, mengajak ke kolam renang, dan menatap langit biru bersama-sama.

Kegiatan ini mungkin akan membuat baju si Kecil menjadi kotor dan ternoda. Ibu tak perlu khawatir karena semua baju si Kecil di keranjang baju kotor  dapat dibersihkan dengan mudah menggunakan Rinso  dan cara mencuci baju yang benar .

Sources:
fakinit.typepad.com/fakin-it/2011/05/wild-flower-art.html
ronitbaras.com/family-matters/parenting-family/how-to-teach-kids-colors/