Apa yang membuat Ibu enggan membiarkan si Kecil bermain di luar dengan benda atau berbagai hal yang menurut Ibu kotor? Apakah masalah kesehatan atau takut baju si Kecil menjadi kotor dan sulit dibersihkan? Nah, soal membersihkan baju kecil yang kotor setelah bermain, Ibu bisa menggunakan solusi dari Rinso Anti Noda dan cara mencuci baju yang benar.  Mulai sekarang biarkan si Kecil bermain di luar hingga kotor. Karena, ada begitu banyak alasan mengapa Ibu harus memperbolehkan si Kecil bermain hingga bajunya kotor.

Berikut ini adalah alasan untuk membiarkan buah hati Ibu bermain hingga kotor:

  1. Mengasah Indera Si Kecil
    Si Kecil tentu senang bereksplorasi di taman atau pantai. Biarkan si Kecil memetik buah atau bunga, berlari dengan kaki telanjang atau bermain dengan lumpur hingga kotor. Aktivitas tersebut memberikan pengalaman sensorik yang membantu si Kecil dalam memahami dunianya yang tidak bisa ia dapatkan di buku apapun.
  1. Si Kecil Lebih Bahagia
    Penelitian yang dipimpin Chris Lowry menemukan bahwa bermain di lumpur dapat meningkatkan mood dan imunitas seseorang. Sehingga, anak-anak yang bermain lumpur akan cenderung memiliki suasana hati yang ceria. Pasalnya, lumpur atau kotoran mengandung bakteri bersahabat bernama mycobacterium vaccae yang berkontribusi meningkatkan serotonin pada otak dan mampu membantu si Kecil lebih santai, tenang, dan gembira.
  1. Menyalurkan Bakat Anak
    Membiarkan si Kecil bermain dengan bebas di taman dapat menjadi sarana baginya untuk menyalurkan bakat. Si Kecil bisa menggunakan tanah atau lumpur untuk membentuk sebuah bangunan atau benda yang ada di dalam imajinasinya. Selain itu, jika ia gemar berlari atau menari, si Kecil akan senantiasa melakukan aktivitas tersebut di alam bebas.
  1. Anak Lebih Aktif dan Sehat
    Beberapa penelitian menyebutkan bahwa anak yang bermain di luar rumah hingga kotor akan menjadi lebih sehat. Tanah yang basah baik untuk sistem kekebalan tubuh si Kecil. Fakta lain menyebutkan bahwa anak yang bermain di luar hingga kotor akan menjadi anak yang lebih aktif dan sehat dibanding anak-anak yang hanya bermain gadget di dalam rumah.
  1. Membuat Sebuah Karya
    Bermain hingga kotor tidak hanya bisa dilakukan di luar rumah. Di dalam rumah pun, Ibu bisa membiarkan si Kecil bermain hingga bajunya terkena noda. Misalnya, ketika ia membuat lukisan atau kerajinan dari tanah liat, bajunya mungkin akan menjadi kotor. Jangan serta merta memarahi si kecil, Bu. Biarkan ia menciptakan sebuah karya dengan bebas walaupun bajunya ternoda cat atau tanah.
  1. Mendorong Kreativitas Anak
    Saat membiarkan si kecil bermain hingga kotor, ia pun merasa bebas berkreasi tanpa dibatasi kekhawatiran menjaga bajunya agar tidak kotor. Ibu sebaiknya membiarkan ia bermain di dalam atau luar rumah hingga kotor untuk merangsang kreativitas dan imajinasi si Kecil.
  1. Belajar Mandiri dan Tanggung Jawab
    Dengan membiarkan si Kecil bermain hingga kotor, Ibu juga mengajarkan padanya untuk lebih mandiri dan bertanggung jawab. Sebab, si Kecil juga harus bertanggung jawab membersihkan tempat dan alat-alat yang digunakannya untuk bermain. Ibu tentu harus membimbingnya agar si Kecil tidak malas ketika diminta untuk membersihkan alat-alat yang kotor tersebut.

Sementara si Kecil membersihkan peralatan atau tempat bermain yang kotor, mintalah ia untuk meletakkan bajunya yang sangat kotor karena tanah, cat, atau keringat di keranjang baju kotor . Kemudian, segera cuci baju si kecil yang kotor itu, Bu. Cek label perawatan pakaian dan gunakan Rinso Anti Noda  untuk memudahkan Ibu dalam membersihkan noda yang membandel.