kado-untuk-hari-ibu-buatan-sendiri

Sebentar lagi kita memperingati Hari Ibu. Ini saatnya anak-anak mempersiapkan hadiah spesial atau kartu ucapan selamat Hari Ibu. Membuat sendiri hadiah untuk Hari Ibu yang berkesan merupakan cara yang bagus bagi anak-anak untuk mengungkapkan rasa sayang mereka kepada ibu atau nenek, sekaligus menjadi kesempatan bagi ibu atau ayah untuk menghabiskan waktu berharga bersama si kecil melalui sebuah kegiatan kreatif.

Untuk membantu si kecil membuat hadiah atau kartu ucapan untuk Hari Ibu tahun ini, berikut ini dua ide menarik kerajinan tangan yang bisa dibuat anak-anak berbagai usia.

Cara membuat kartu ucapan Hari Ibu dengan motif bentuk hati

Bahan-bahan:

  • Karton putih bahan kartu ucapan berukuran A4
  • Cat air untuk melukis, krayon, atau spidol warna
  • Pasta glitter
  • Gunting
  • Lem

Metode:

  1. Lipat karton putih tepat di tengah sisi panjangnya untuk mendapatkan bentuk kartu ucapan klasik.
  2. Di tengah-tengah halaman mukanya, buat sebuah garis vertikal memakai bolpen dan penggaris sehingga membagi halaman tersebut menjadi dua. Lanjutkan dengan membuat garis horizontal berpotongan dengan garis vertikal tepat di tengah. Kini terdapat empat kotak berukuran sama di halaman depan kartu ucapan Hari Ibu.
  3. Gunakan spidol untuk menggambar bentuk hati di tengah setiap kotak.
  4. Tujuannya di sini adalah mengisi setiap bentuk hati tersebut dengan warna atau motif berbeda-beda, lalu mengecat bagian di luar bentuk hati di setiap kotak dengan warna yang berbeda dari warna bentuk hati. Dorong si kecil untuk mencampur warna dan motif! Misalnya, mengisi satu bentuk hati dengan glitter dan mewarnai bagian di luarnya kuning, atau mewarnai bentuk hati dengan krayon merah lalu mengecat hijau bagian di luarnya. Anak-anak yang lebih besar bisa juga menambahkan elemen-elemen kolase, misalnya guntingan bentuk hati dari kertas lipat berwarna lalu menempelkannya di kotak-kotak halaman depan kartu.
  5. Tunggu hingga halaman depan kartu kering, kemudian buat hiasan yang sama pada halaman belakang atau biarkan saja halaman ini kosong.

Setelah halaman luar kartu siap, dorong si kecil untuk menulis sebuah pesan atau ucapan khusus di dalamnya. Jika si kecil belum bisa menulis, bantu menggerakkan tangannya.

Kado untuk Hari Ibu buatan sendiri berupa pembatas buku unik

Bahan-bahan:

  • Karton putih
  • Cat air untuk melukis yang aman di kulit atau pewarna makanan
  • Serbuk glitter
  • Gunting

Metode:

  1. Buat bentuk persegi panjang dengan memotong karton berukuran 6cm x 21cm. Bagian ini akan menjadi pembatas buku dengan motif cap-cap jari beraneka warna.
  2. Minta si kecil mencelupkan satu jarinya ke dalam cat air atau pewarna makanan, lalu membuat sidik jari di atas pembatas buku tersebut. Gunakan jari-jari lain untuk warna-warna yang berbeda dan buat cap-cap jari hingga satu sisi pembatas buku penuh dengan warna-warna acak.
  3. Sebisa mungkin tidak menyisakan warna putih karton terlihat di sisi tersebut, lalu taburkan serbuk glitter selagi cat masih basah.
  4. Tunggu hingga cat kering, kemudian ketukkan satu pinggiran pembatas buku untuk merontokkan kelebihan serbuk glitter. Pembatas buku buatan sendiri sebagai hadiah untuk Hari Ibu pun siap!

Menjelang peringatan Hari Ibu, membuat sendiri kerajinan tangan untuk ibu atau nenek menjadi aktivitas menyenangkan bagi si kecil. Ide-ide di atas bisa menjadi inspirasi bagi ayah yang ingin membantu si kecil membuat kejutan untuk ibu atau bagi ibu yang ingin menuntun si kecil mempersiapkan sesuatu yang spesial untuk nenek.

Bagaimana jika tangan si kecil membuat pakaian mereka berlepotan dengan noda-noda pewarna? Jangan khawatir, percayakan pada Rinso Anti Noda atau Rinso Matic untuk menghilangkan noda pewarna dan baca artikel kami tentang cara mengatasi noda lem untuk mengetahui tips yang efektif.

Hasil kerajinan tangan si kecil ini bisa juga dijadikan sebagai magnet kulkas dengan menempelkannya pada magnet pipih bekas atau yang baru dibeli. Memajangnya di dalam bingkai yang pas juga bisa menjadi alternatif untuk membanggakan hasil karya si kecil yang ingin menunjukkan penghargaan bagi ibunya.