Tahukah Ibu bahwa si Kecil adalah seorang petualang cilik? Mengapa? Sebab, anak-anak selalu gemar bereksplorasi dengan hal-hal baru. Rasa keingintahuan anak-anak lebih besar dan tidak terbendung. Misalnya, anak kecil cenderung menyentuh segala sesuatu yang mereka lihat. Bahkan, ketika bermain di luar rumah, si Kecil akan  merasa mendapatkan kebebasan untuk menyentuh setiap hal yang ia jumpai.

Apakah ini normal? Tentu saja ini normal. Sangat wajar bila pikiran si Kecil dipenuhi dengan rasa keingintahuan yang kuat. Bahkan, tak jarang mereka sering melontarkan pertanyaan secara spontan untuk memenuhi keingintahuannya.

Ketika si Kecil bermain di luar, itu artinya ia juga mempelajari banyak hal, Bu. Jadi, biarkan ia bermain di luar dengan leluasa. Apabila pakaiannya kotor, mintalah ia meletakkan di keranjang baju kotor  dan biarkan Ibu yang mencuci pakaian tersebut dengan Rinso, si ahlinya bersihkan noda.

Beraktivitas bersama si petualang cilik adalah cara yang tepat untuk mengisi waktu libur. Ibu bisa mengajaknya untuk beraktivitas di luar rumah, mulai dari bermain di taman, jalan-jalan ke kebun binatang, berekreasi di pantai sembari bermain pasir, dan ada banyak kegiatan lainnya yang bisa dilakukan bersama si petualang cilik ini. Lantas, apa yang didapat oleh si Kecil saat beraktivitas dengan bebas di luar rumah?

  • Kepercayaan Diri
    Beraktivitas di luar bisa membangun kepercayaan diri anak. Pasalnya, ia akan berjumpa dengan orang-orang dan hal baru. Ia akan mulai belajar untuk bersosialisasi sehingga perlahan tapi pasti kepercayaan dirinya akan meningkat.
  • Kecerdasan
    Suatu rahasia umum bila anak yang aktif bermain di luar cenderung lebih cerdas dibanding anak yang hanya bermain gadget di dalam rumah. Kecerdasan tidak hanya terbatas pada pelajaran di sekolah saja, Bu. Kecerdasan pada anak dapat terlihat ketika ia berbicara atau melakukan suatu hal.
  • Imajinasi dan Kreativitas
    Setiap anak harus memiliki imajinasi. Mengapa? Karena, imajinasi sangat penting untuk membangun kreativitas si Kecil. Imajinasi yang dimiliki oleh anak-anak dapat membantunya lebih sukses dalam pelajarannya di sekolah.
  • Kemampuan Memecahkan Masalah
    Di sekolah mungkin si Kecil sudah diajarkan bagaimana cara untuk memecah masalah. Namun, orangtua juga harus berperan dalam mendidik si Kecil untuk memecahkan masalah. Contoh aktivitas yang baik untuk merangsang kemampuan memecahkan masalah pada anak-anak adalah bermain lego atau puzzle.

Rinso memiliki motto: “Berani kotor itu baik”. Karena pada saat si Kecil dapat bermain dengan bebas tanpa khawatir bajunya menjadi kotor, maka itu artinya ia bisa mempelajari banyak hal. Ia mendapat kebebasan untuk bereksplorasi dan mencoba hal-hal baru. Pengalaman ini sangat berharga lho, Bu.

Petualang cilik Ibu pulang dengan baju kotor ternoda cat atau tanah? Jangan dimarahi, Bu. Biarkan ia bermain atau beraktivitas sampai bajunya kotor. Sebab, Ibu dapat mengandalkan Rinso  dan cara menghilangkan noda di baju  sesuai jenis nodanya.

Sources:
persil.co.uk/active-learning/why-do-we-think-dirt-is-good/
examiner.com/article/children-learn-by-exploring-their-surroundings