Belajar matematika di dalam rumah mungkin akan menjadi hal yang membosankan bagi si Kecil. Solusinya, cobalah ajak si Kecil untuk belajar matematika di ruang terbuka, seperti taman atau tepi kolam ikan. Suasana yang baru akan membuat si Kecil tidak jenuh dan lebih semangat belajar. Saat beraktivitas belajar di luar ruang, mungkin baju si Kecil akan menjadi kotor karena keringat atau tanah. Katakan pada si Kecil agar tak perlu khawatir, karena Ibu memiliki cara menghilangkan noda di baju  secara ampuh!

Setelah menemukan tempat yang cocok untuk belajar matematika, mintalah si Kecil untuk membawa alat tulis dan buku pelajarannya juga. Perhatikan hal-hal berikut agar kegiatan belajar matematika di luar ruang ini menjadi sukses:

  1. Pastikan kegiatan belajar ini sesuai dengan materi pelajaran yang diberikan di sekolah. Ibu bisa membaca buku pelajaran si Kecil terlebih dahulu sebelum memikirkan ide kegiatan belajar di luar ruang.
  2. Gunakan bahan-bahan yang tersedia di sekitar. Ibu bisa menggunakan ranting untuk membuat bentuk persegi atau segitiga, bebatuan untuk berhitung dan daun atau kelopak bunga sebagai sarana untuk belajar menghitung luas dan keliling. Apabila si Kecil masih berusia balita, tentu akan lebih mudah menggunakan sebuah bahan-bahan yang tersedia untuk membantunya belajar berhitung.
  3. Belajar sambil bermain, kenapa tidak? Usai berkonsentrasi belajar matematika, Ibu bisa mengajak si Kecil untuk melakukan permainan yang masih berhubungan dengan matematika, seperti:
    • Melompat sembari menghitung angka yang terdapat dalam tiap petak yang ia lompati.
    • Lomba balap mengerjakan soal matematika.
    • Mengukur jarak yang ia tempuh dari satu tempat ke tempat yang lain.

Belajar matematika di luar ruang tak selamanya harus diisi dengan aktivitas tertentu. Ibu juga bisa menemani si Kecil untuk mengerjakan PR di luar ruang agar tidak bosan. Carilah tempat yang nyaman dan jauh dari keramaian agar si Kecil lebih mudah berkonsentrasi.

Belajar di luar ruang mungkin akan membuat baju si Kecil menjadi bau keringat atau terkena noda tanah. Sebaiknya, Ibu tidak membiarkan baju si Kecil berlama-lama di keranjang baju kotor . Langsung cuci baju tersebut dan gunakan cara menghilangkan noda di baju sesuai dengan jenis nodanya dan cuci hingga bersih dengan Rinso . Periksa label perawatan pakaian sebelum mencuci pakaian si Kecil agar Ibu dapat melakukan cara menghilangkan noda yang sesuai dengan jenis kain dan noda yang menempel.