4983

Ibu tentu tau kalau AC di rumah Ibu perlu ada perawatan secara berkala, tanpa menuggu ada masalah dengan AC tersebut. Tetapi umumnya Ibu akan memanggil petugas servis mesinĀ  cuci hanya jika ada masalah dengan mesin cuci, bukan? Padahal seperti juga AC, mesin cuci perlu dirawat secara berkala.

Beberapa produsen mesin cuci juga menganjurkan perawatan berkala ini. Servis semacam ini penting untuk dilakukan kalau Ibu ingin mesin cuci awet, khususnya untuk mesin cuci yang menggunakan air dengan suhu rendah dalam proses pencuciannya atau jika Ibu menggunakan deterjen cair, maupun deterjen jenis lainnya yang tidak mengandung pemutih di dalamnya.

Seberapa sering perawatan mesin cuci ibu harus dilakukan? Jawabannya adalah sebaiknya satu bulan sekali. Untungnya, perawatan yang dimaksud bisa Ibu lakukan sendiri tanpa perlu memanggil petugas servis. Bagaimana caranya?

Nyalakan mesin cuci pada pilihan suhu air panas.

Masukkan deterjen, sebaiknya yang mengandung pemutih. Jika Ibu menggunakandeterjen cair atau deterjen yang menjaga warna tetap cerah untuk mencuci sehari-hari, sebaiknya siapkan deterjen dengan pemutih khusus untuk proses servis ini.

Biarkan mesin cuci bekerja dengan air dan deterjen saja, tanpa cucian selembar pun.

Perawatan seperti ini akan membantu menghilangkan bakteri, dan mencegah jamur kehitaman maupun minyak yang mungkin menempel pada mesin cuci Ibu.